Alat Ungkap Masalah (AUM)


Untuk mengungkapkan masalah-masalah siswa dan mahasiswa secara menyeluruh telah dikembangkan dua jenis alat ungkap masalah, yaitu; (1) alat untuk mengungkapkan masalah-masalah umum dan (2) alat untuk mengungkapkan masalah-masalah khusus yang berkaitan dengan upaya dan penyelenggaraan kegiatan belajar.
Kedua jenis alat ungkap itu yang dikenal dengan AUM ”Umum ” dan AUM ”Belajar”. AUM ”Belajar” itu lebih khusus lagi dinamakan AUM PTSDL. Dalam bentuknya yang menyeluruh AUM meliputi:

No
Sasaran Penggunaan
Format AUM
AUM UMUM
AUM Belajar
1
2
3
4
5
Perguruan Tinggi
SLTA
SLTP
SD
Masyarakat
AUM Umum F1
AUM Umum F2
AUM Umum F3
-
AUM Umum F5
AUM PTSDL F1
AUM PTSDL F2
AUM PTSDL F3
AUM PTSDL F4
-

Konselor sekolah selama ini melakukan pengadministrasian AUM dan melakukan pengolahan secara manual, baik untuk AUM Umum maupun AUM PTSDL, sehingga memakan tenaga yang besar dan waktu yang tidak efisien. Untuk membantu para konselor akhirnya Tim Pengembang Instrumen atas izin tim pengusun instrument AUM (Prayitno dkk) berinisiatif untuk mengembangkan sebuah program aplikasi AUM dengan basis program Microsoft Acces, Teknologi e-konseling pada program ini memungkinkan menampilkan lebih banyak lagi informasi berkenaan dengan masalah-masalah responden, dalam hal ini terutama siswa yang nantinya dapat dijadikan alat bantu bagi konselor dalam menjalankan tugas profesionalnya.
Hasil pengembangan Aplikasi tersebut telah di launching pada tanggal 30 Maret 2009 saat pengelenggaran Konvensi Ikatan Konselor (IKI) Indonesia di Padang Sumatera Barat. Setelah itu Program Aplikasi ini mulai di publikasikan melalui situs IKI yaitu www.konselor.org.

Comments

Popular posts from this blog

Tes Mengenal dan Memahami Diri Sendiri

Belajar Verbal

Pendidikan Klasik